Jumat, 12 Juni 2009

Panduan Penggunan YehBA Lite


Yehba Lite merupakan pembaharuan sekaligus pengganti dari versi YB sebelumnya yaitu yb 2.00. Dimana tampilan yb lite ini tidak jauh beda dengan yb sebelumnya bahkan masih terbilang sama. Bagi para yebter pengguna yb 2.00 tidak akan merasa asing lagi denga yb lite karena tampilan, fitur menu, dan penggunaannya masih belum mengalami perubahan yang berarti. Kecuali adanya menu tambahan yang berfungsi untuk menyembunyikan identitas pengguna berupa no. telpon kepada teman-teman sesama yebter.
Untuk mendapatkan app Yb lite silahkan klik disini, seperti biasanya ketika app Yb lite dijalankan maka Anda akan menjumpai tampilan halaman login. Bagi no user yang telah terdaftar langsung login dengan mengisi kotak no telpn. Kemudian tinggal mengklik option sig in maka app Anda akan mencoba mengirim pesan ke server yb untuk memeriksa akun user no telpon yang sedang Anda gunakan.
Namun bagi Anda pengguna yb perdana dengan nomor telpon belum terdaftar tentunya, maka Anda harus menempuh 4 langkah pendaftaran akun sbb :
Step 1 : Confirm your number
Silahkan masukkan nomor telpon yang Anda gunakan berdasarkan contoh yang diberikan, misalkan nomor Anda 0813…..dst maka ditulis 62813….dst. Jadi Angka 0 (nol) diganti dengan kode negara misalnya 62 untuk Indonesia. Setelah itu pilih “Sig In”.

Step 2 : Account Registration
Masukkan pasword pilihan Anda pada kotak “Choose Password”
Tulis ulang password Anda pada kotak “Confirm Password”
Masukkan alamat email Anda pada kotak “Email (optional)” kosongkan bila tidak ada. Selanjutnya pilih Register.

Step 3 : Do you want to add other IM networks in to yout yehba account…
Masukkan sebuah nama pada kotak “Profil Name” seperti IM, YM, Gtalk atau terserah sesuak Anda. Pemberian nama profil hanya untuk membedakan antara IM yang satu dengan IM yang laen.
Pilihlah nama host IM Anda dengan mengklik simbol segitiga pada sudut kanan kotak “Yahoo”. Untuk sementara hanya tersedia 2 pilihan yaitu Yahoo dan MSN.
Tulislah alamat IM Anda pada kotak username berdasrkan jenis host yang telah Anda pilih. Tulis lengkap alamat email Anda.
Isilah password berdasarkan alamat email di atas pada kotak “Password”
(bila Anda tidak mempunyai alamat email, silahkan langkahi step ini)

Step 4 : (Almost Done!) Pick a unique alias for your account
Silahkan buat nik Anda pada kolom “Your Alias”, Anda dapat menciptakan nik/nama dengan mengkombinasikan huruf kecil, huruf kapital, angka serta beberapa tanda baca lainnya. Namun yang perlu diketahui bahwa Anda tidak boleh menggunakan SPASI serta beberapa tanda baca yang merupakan unsur pembentuk emotion/smile spt : ) 
Akan tetapi, step 4 ini terkadang tidak tampil sesuai dengan urutannya, dan baru kemudian muncul saat Anda memulai suatu aktifitas seperti ngerum.
Untuk memlai chat, Anda harus memiliki teman di contact list yb, bila contact Anda masih kosong, Anda dapat menambah teman dengan cara melakukan add manual dengan jalan :
1. Posisikan di kolom/window YehBA* dimana merupakan tempat daftar teman (list contact), di daftar telah terdapat 3 buah kontak (help Bot, Nicole, Chat Bot) yang telah ada secara permanen.
2. Pilih menu/option dan pilih Add Contact
3. Sorot Add yehba Contact, pilih dengan menekan tombol select
4. Masukkan nope teman dengan diawali kode negara +62 khusus untuk wilayah Indonesia, contoh : 08133……..menjadi +628133……
5. Masukkan nama teman anda (pengguna nomor di atas)
6. Terakhir pilih Add
Bila Anda tidak mempunyai teman atau kenalan yang dapat di add, Anda pun bisa melakukan aktifitas chat dengan mengunjungi room-room yang telah disediakan, hanya dengan menekan arah tomboh kanan maka Anda akan beralih dari kolom kontak list yb menuju kolom ChatRooms. Di kolom tersebut akan ditampilkan daftar room dimana Anda hanya dapat ikut bergabung bila room tersebut tidak dalam keadaan penuh. Status rum dapat Anda lihat di bawah nama rum tersebut, misalnya rum Makassar_bisa_tonji 12 Member(s)/(30), yang artinya user di rum tersebut berjumlah 12 orang dengan kapasitas rum 30 orang. Anda pun dapat memanfaatkan menu search untuk mencari rum yang Anda inginkan. Kemudian sorotlah rum yang Anda kehendaki dan pilih join room/tekan tombol tengah untuk masuk ke rum tersebut. Silahkan enjoy chat.
Untuk mengetahui siapa-siapa yang berada di rum yang sedang Anda masuki, Anda tinggal memilih menu Viuw Members maka daftar para user akan ditampilkan. Jangan heran bila Anda melihat ada beberapa nik user yang berwarna hijau tua dengan status owner atau moderator di bawahnya, sedangkan nik-nik yang laen termasuk nik Anda mempunyai status Participiant dengan warna tulisan biru cerah. Sebenarnya arti status itu mungkin begini :
Owner : pemilik rum yang dapat mengontrol rum seperti kick, mute dan banned user laen di rum tersebut serta dapat mengangkat dan menghentikan user laen sebagai moderator.
Moderator : pembantu owner yang juga memiliki kekuasaan atau wewenang seperti kalanya owner itu sendiri kecuali mengangkat moderator lain.
Participiant : tamu atau pengunjung rum
Jadi bila salah satu (owner & moderator) atau keduanya sedang ada di rum, maka Anda dapat chat dengan aman tanpa ada user lain yang merusuh. Anda pun bisa menambahkan teman dengan memilih menu add contact saat list user room ditampilkan atau pilih menu “Whisper” untuk memulai chat pribadi (pv) dengan user yang Anda sorot/pilih di list user. Untuk keluar dari rum cukup memilih menu Leave Room.
Untuk keluar dari aktifitas chat atau menutup aplikasi Yb, Anda harus kembali ke kolom/window List kontak Yb, disini pilih menu Logout. Pilih yes bila benar-benar yakin ingin keluar dari Yb.


Tips & trik yb lite
1. Kirim Foto
Anda dapat berkirim-kirim foto dan biaya hanya dibebankan pada penggunaan GPRS berdasarkan ukuran foto tersebut. Saat Anda PV dengan teman pilih
Menu – communicate - share Photo – Exiting (fto dari memori) atau new image (pengambilan fto langsung dengan kamera hp). Cara kedua yaitu mengambil menu communicate pada kolom list contact, namun sebelumnya Anda hrus memilih kontak yang akan dikirimi fto dengan cara menyorot salah satu nik di kontak tersebut kemudian pilih menu – communicate dst.
2. Berbagi No Hp
Bila Anda ingin no hp Anda diketahui oleh teman Anda, Anda harus terlebih dahulu men-set di menu – manage contact – show my, tapi terlebih dahulu anda harus memilih teman yang dimaksud. Hanya teman yang dipilih saja yang dapat melihat no hp Anda. Untuk menyembunyikannya kembali Anda cukup mengulang cara yang sama.
Untuk melihat teman yang telah mengisinkan anda untuk mengetahui atau melihat no hpnya, Anda dapat melihatnya dengan cara sorot nik teman kemudian pilih menu – manage contact – contact info. No hape nik tersebut berada di kotak User ID.
3. Ganti Nama
Tanpa harus mengganti kartu seluluer Anda. Anda dapat mengubah nama Anda sesuka hati, menu ini dapat Anda jumpai pada kolom List ChatRooms pilih Change Alias, bila nik yang telah anda ketik tidak berhasil berarti nik tersebut telah ada yang punya. Anda hanya dapat mengganti nik sebanyak 1 kali dalam 7 hari.
4. Bergaya di Dalam Rum
Udah bosan melihat kata-kata status saat anda masuk di rum? Pesan “…has enter the room” dapat anda ganti dengan sesuka hati begitu pula pesan “…has left the room”. Dengan memilih menu Create Entrance Message dan Create Exit Massage yang masing-masing terdapat pada menu di kolom List ChatRooms.
Contoh :
Misalkan nik Anda adalah BOY, saat ngerum teks yang tampil adalah “BOY has enter the room” dapat berubah menjadi “BOY sang pangeran cinta telah datang….”
Maka yang Anda ketik pada Entrence Massage adalah “Sang pangeran cinta telah datang….”
5. Add IM
Bila Anda mempunyai alamat email khususnya Yahoo dan MSN, Anda dapat membuat akunya dengan mengambil menu – Other IM. Selanjutnya akan tampil daftar profil IM yang telah anda buat bila ada, dan akan tampil List is Empety bila tidak satupun IM yang telah anda buat. Kemudian pilih menu add IM dan isi kotak-kotak yang telah tersedia, cara pengisiannya sama dengan cara pengisian pada Step 3 saat pendaftaran akun di Atas.
Setelah selesai pilih tombol add kemudian pilih menu & login. Secara otomatis, semua contact list yang ada pada IM anda akan ditampilkan tanpa harus melakukan add ulang (impor kontak otomatis)

Demikian trik dan panduan yang dapat saya suguhkan kepada teman-teman yebter, bila ada trik-trik laen atau semua yang bersifat dapat membangun demi kesempurnaan tulisan diatas, mohon share di bawah….trims

========================
Download YehBA* Lite.jar 137 Kb

9 komentar:

alseena mengatakan...

kayaknya untuk Create Exit Massage udah gak bisa deh....
soalnya sering disalah gunakan sama member. misalnya dengan tulisan exit yang menghina atau apa-lah. nah, kalau udah keluar kan owner ma modt ga bisa ngapa2in.. beda kalau Entrance Message menghina atau membikin hank rum, maka bisa dikasih sanksi oleh owner ato modt. tul gak?
he he....

Admin mengatakan...

@alseena, terima kasih atas masukannya, apa yang diuraikan bukan hanya betul tetapi betul banget....menu create exit massage ternyata di yb beta pun udah dihapus.

alseena mengatakan...

wehehehehe... ketemu lagi dengan tulisan ini..
apa kabar cak? masih pakei yehba gak? aku msih pakai tuh... ayo mampir di rumku, surabaya__raya. mampir2 juga di yehba forums..
kutunggu...

Bucheq mengatakan...

Thanks undanganx...sebenarnya aku gak maen di YB lgi, sekarang lagi maen di Mig33. Hmm...kangen juga ma tmen2 d YB. Kira2 perkembangan YB sekarang gmana ea hehehe....

alseena mengatakan...

yehBA sudah wassalam sejak 2010 hiks hiks.... kangen banget guyonan ala YB :((

Unknown mengatakan...

Ak sepur-yehbater yow,kangen karo..cah2 yb..terutama ndoroku oci yb room semarangan..jan,ngangeni guyonane...hahahaha..

Unknown mengatakan...

Lha,di hapus knp tow?ADMIN...???

alseena mengatakan...

Sepur iki lak rame wae... apane seng dihapus Pur?

Unknown mengatakan...

kangen yb ik ..... ya pur yaaaa

Posting Komentar